Langkah Mudah Cara Screenshot di Laptop

Langkah Mudah Cara Screenshot di Laptop

rape2ch – Tangkapan layar atau screenshot merupakan sebuah gambar yang didapatkan oleh komputer pada saat melakukan rekam tampilan di layar atau pada perangkat pengeluaran visual lain, seperti smartphone dan laptop. Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu caranya termasuk cara screenshot di laptop.

Rekam layar tersebut disimpan dalam format foto. Hal ini dilakukan karena ketika kebutuhan yang dianggap penting oleh para pengguna alat tersebut. Dalam melakukan screenshot pada komputer maupun laptop tentunya sangat berbeda dengan melakukannya di smartphone, yang mana terlihat mudah, serta setiap android yang dikeluarkan memiliki cara yang berbeda.

Langkah Praktis Cara Screenshot di Laptop

  1. Dengan Memanfaatkan PrintScreen

Tombol PrintScreen merupakan tombol yang paling umum digunakan dalam melakukan cara screenshot layar laptop windows 7 hingga yang terbaru. Meskipun tergolong mudah, Anda tidak dapat untuk mengambil screenshot hanya pada ukuran layar yang diinginkan.

Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah mudah berikut:

  • Pertama, buka halaman yang akan Anda ambil gambarnya pada layar.
  • Kemudian tekan pada tombol PrintScreen yang ada terdapat di sebelah sisi kanan atas pada keyboard.
  • Saat menekan PrintScreen, tidak akan terjadi apapun pada layar karena hasil gambar akan otomatis tersimpan pada clipboard.
  • Tempelkan hasil screenshoot pada aplikasi print.
  • Hasil tangkapan layar tersebut terlebih dahulu masih dapat Anda edit dan menyimpannya dengan klik File kemudian pilih Save As.
  1. Dengan Menggunakan Tombol PrintScreen + Windows

Untuk melakukan screenshot dengan mudah di layar laptop yang Anda lakukan berikutnya yaitu dengan memanfaatkan tombol PrintScreen dan Windows secara bersamaan. Tombol windows yang terdapat pada keyboard berbentuk simbol persegi dengan posisi miring, mirip seperti jendela. Cara ini digunakan untuk menangkap halaman secara full screen

Apabila Anda menggunakan cara ini, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lain untuk menyimpan hasil gambar. Langkah mudah yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Pertama, terlebih dulu buka jendela program yang akan Anda tangkap layarnya. Misalnya, buka layar google, selanjutnya klik PrintScreen dan Windows secara bersamaan.
  • Maka gambar hasil tangkapan layar tersebut secara otomatis akan tersimpan pada dokumen Picture yang ada di dalam laptop Anda.
  • Untuk memudahkan pencarian gambar hasil tangkap layar, Anda dapat melakukannya dengan cara klik kanan kemudian pilih Sort by dan klik Date.

3. Menggunakan PrintScreen dan Tombol Alt

Tombol Alt dan PrintScreen yang ditekan secara bersamaan dapat Anda gunakan untuk melakukan sreenshot. Kedua tombol ini dapat membantu Anda dalam mengambil tangkapan layar pada suatu aplikasi maupun program yang sedang aktif digunakan saja.

Kelebihan ini tentunya lebih memudahkan Anda karena tidak perlu melakukan pengeditan satu layar penuh. Semisal ketika Anda membuka layar Ms. Excel dengan koneksi internet yang berupa layar kecil di sebelah kanan dan kiri. Saat Ms. Excel yang sedang aktif digunakan, maka hasil screenshot yang akan Anda dapatkan adalah posisi Ms. Excelnya saja.

Baca Juga : Son Heung-min Segera Melakoni Wajib Militer Selama 4 Pekan

Dengan mengetahui bagaimana cara screenshot di laptop, tentu akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan berbagai keperluan yang mungkin Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *