Cara yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menghormati Orang yang Lebih Tua

Cara yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menghormati Orang yang Lebih Tua

rape2ch.com – Sebagai mahluk sosial manusia perlu bersosialisasi dengan orang lain.  Anda tidak akan mampu hidup sendiri di dunia ini tanpa bersosial dengan yang lain. Dalam bersosialisasi ini terdapat aturan moral yang harus Anda gunakan. Anda harus menghormati orang yang lebih tua agar Anda tidak disebut manusia tak beretika. 

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghormatinya. Dengan memberi hormat tidak akan membuat Anda rendah di hadapan mereka sebagai manusia, namun malah menunjukan bahwa Anda merupakan manusia yang memiliki tata krama bagus dan etika. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara-cara yang dapat Anda lakukan, simak penjelasannya!

Sikap dan Perilaku Saat Bertemu 

1. Bersikap sopan saat bertemu. Sopan santun menjadi perilaku yang selalu ditanamkan sejak kecil, sopan dan santun kepada orang, terutama orang lebih tua. Sikap sopan ini dapat Anda terapkan dengan mengucap “Permisi” ketika melewat kerumunan orang banyak. 

 

Atau gerakan membungkukkan badan saat melalui banyak orang dengan senyum manis yang menghias di wajah Anda. eMskipun ini merupakan hal sederhana, namun dengan melakukannya Anda sudah masuk dalam kategori menghormati. 

 

2. Gunakan tiga kata ajaib. Tiga kata sering orang lupakan yaitu tolong, terima kasih dan maaf. Gunakan kata ini saat Anda terlibat komunikasi bersama orang dewasa yang memiliki umur di atas Anda. Dengan mengucapkannya Anda sudah menghargai keberadaan orang itu. Perhatikan topik obrolan Anda, pertimbangkan obrolan yang akan Anda bahas. 

 

3. Pakai panggilan yang sopan. Dalam setiap suku yang ada di Indonesia, terdapat cara memanggil berbeda kepada orang lebih tua dari dirinya. Seperti di Sunda, menggunakan kata “teteh” untuk perempuan dan “Aa” untuk laki-laki. 

 

Anda bisa menggunakan “Kakak” di awal sebelum memanggil namanya. Atau lebih singkat “Kak” kemudian sebut namanya. Namun jika Anda menemui orang tua Anda menggunakan saja sapaan dengan panggilan “Bapak” atau “Ibu”. 

 

4. Perhatikan kata atau kalimat yang Anda ucapkan. Ketika ngobrol bersama mengenai suatu topik obrolan, maka Anda perlu memperhatikan kata yang dikeluarkan oleh Anda. jangan sampai Anda menggunakan kalimat yang biasa Anda katakan kepada teman sebaya. 

 

Seperti menggunakan kata kasar, ini bisa memperburuk keadaan Anda. Gunakan kata lebih halus dan baik yang tidak akan menyinggung perasaannya. Pikirkan terlebih dahulu Anda akan menggunakan kata apa ketika ngobrol. 

 

5. Tunjukan rasa simpati. Rasa kepedulian terhadap orang tua dapat Anda tunjukan dengan mendahulukan mereka saat dalam beberapa situasi dan kondisi. Seperti saat Anda bertemu dengannya di transportasi umum, dahulukan untuk duduk di kursi penumpang. Atau saat Anda berada di fasilitas umum, atau tempat lain yang Anda kunjungi. 

Baca Juga : Langkah-Langkah Mengatur Ulang Password Email Yahoo

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam menghormati orang yang lebih tua. Lakukan untuk diri Anda sendiri ketika berpapasan di jalan atau menemuinya.