Cara Pertisi Hardisk Windows 10 Melakukan Pembagian Ruang Mudah

Cara Pertisi Hardisk Windows 10 Melakukan Pembagian Ruang Mudah

rape2ch.com – Saat pertama kali membeli laptop baru atau hard disk baru dengan kondisi windows telah terinstall. Pabrikan akan membuat satu pertisi dalam laptop yang telah diatur memiliki kapasitas besar. Misal jika PC atau laptop Anda memiliki hardisk 500 GB, maka pabrikan sudah biasa untuk menyetel satu  pertisi dengan ukuran 440 GB dengan letak yang sama pada install windows di dalam pertisi itu. 

Membagi  pertisi ini  berguna bagi Anda agar menghindari kehilangan data ketika melakukan install ulang windows. Dalam artikel kali ini akan diberikan cara pertisi hardisk windows 10  mudah dengan langkahnya. Jadi simak hingga akhir tulisan ini!

Memakai Disk Management  

Aplikasi ini akan memberikan antarmuka yang berbasis wizard dalam keperluannya termasuk untuk membagi atau juga membuat sebuah pertisi baru. Keuntungannya, data Anda dalam PC tidak akan hilang satu datapun ketika Anda melakukan langkah ini. namun untuk antisipasi disarankan Anda memback up  data penting Anda pada tempat penyimpanan lain. 

  1. Buka start menu yang berada pada pojok kiri layar laptop atau menekan tombol windows pada keyboard Anda. ketik dalam kolom pencarian “Diskmgmt.msc” kemudian klik enter untuk mencarinya. Hasil pencarian akan muncul pada tampilan atas.  
  2. Buka disk management, akan ditampilkan banyak pertisi yang dijadikan sebagai penyimpanan. cari partisi yang Anda ingin kecilkan ukurannya dengan membaginya, klik kanan. Akan muncul beberapa opsi, kemudian pilih “shrink volume”.
  3. Akan  muncul  kolom mengenai pembagian ruangan. Kolom pertama untuk Anda mengisi total ukuran dari pertisi sebelum Anda bagi (dalam MB). Kolom kedua untuk ukuran yang tersedia dalam dibagi (dalam MB). Perhatikan untuk tidak  lupa membagi ukuran dalam MB. Konversi dulu dari GB pada MB. 1 GB sama  dengan 1024 MB.

 

Windows tidak akan memberikan izin jika Anda memecah pertisi lebih dari tempat dimana terdapat file yang tidak dapat dipindahkan. Kolom selanjutnya masukan jumlah dari kapasitas pertisi baru yang Anda inginkan. masukan jumlah yang lebih kecil dari kolom “size of available shrink space in MB” agar windows menyetujuinya. 

  1. Klik shrink. Selesai maka pertisi telah terbagi. 

 

Menggunakan Unallocated Space

Membuat unallocated space dari langkah  sebelumnya, berikut  langkahnya:

  1. Klik kanan, pilih “new simple volume” klik opsi “next” pilih Anda akan menggunakan karakter  mana dalam pertisi tersebut. 
  2. Pilih file system dan next. Kemudian finish untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. dan pertisi baru akan diproses. 

 

Saat Anda menemui kesulitan menggunakan cara ini, bisa dengan menggunakan software atau  aplikasi lainyang sering digunakan. aplikasi yang sering digunakan seperti MiniTool Partition Wizrd, EaseUs Partition Master atau AOMEI Partition Assistant Standard Edition. Atau Anda bisa melakukannya dengan bantuan orang lain yang pernah melakukan ini. 

Baca Juga : Cara yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menghormati Orang yang Lebih Tua

Cara pertisi hardisk windows 10 mudah yang bisa Anda ikuti. Memberikan Anda langkah mudah, jadi selamat mencoba sendiri!