Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid Paling Mudah dan Manjur!

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid Paling Mudah dan Manjur!

rape2ch.com – Sebagian besar wanita saat menstruasi mengalami nyeri dan kram pada perut. Hal ini bisa terjadi menjelang menstruasi atau sebelumnya. Dalam kondisi medis sering disebut dengan dysmenorrhea dan tergolong sangat umum. 

Efek yang dirasakannya pun berbeda-beda antara wanita yang satu dengan yang lainnya. Ada yang efeknya biasa-biasa saja, namun juga tidak sedikit yang efeknya cukup parah sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi, tidak usah panik terlebih dahulu karena ada cara mengatasi kram perut saat haid yang cukup efektif dan patut Anda coba!

Bagaimana Cara Mengatasi Perut Kram Ketika Menstruasi?

Untuk mengatasi rasa ketidaknyamanan tersebut ada beberapa tindakan yang bisa Anda coba, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Mengkonsumsi air putih yang cukup

Saat Anda terasa kram di perut, maka perbanyaklah mengkonsumsi air mineral. Jika Anda kurang menyukai air putih, maka dapat menambahkan irisan lemon ke dalamnya agar dapat menggugah selera. 

  • Menjaga pola makan

Ketika Anda mengalami kram di organ perut saat menstruasi maka sebaiknya memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar kondisinya tidak semakin parah. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak. Buah-buahan, sayuran hijau, biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang recommended untuk dikonsumsi. 

  • Kompres hangat

Anda dapat mengompres bagian perut menggunakan handuk yang telah direndam dengan air hangat atau menggunakan botol yang diisi air hangat, kemudian ditempelkan pada bagian perut. Selain terbukti untuk meredakan rasa nyeri yang cukup sensasi namun juga dapat merilekskan otot-otot perut. 

  • Aktif bergerak

Kram yang terjadi pada organ perut menyebabkan rasa tidak nyaman, sehingga menjadikan Anda untuk malas bergerak. Akan tetapi, Anda harus melawan rasa malas tersebut dengan melakukan olahraga atau banyak bergerak. Dengan Anda aktif bergerak maka tubuh akan lebih mudah memproduksi endorfin dan tentunya akan sangat berpengaruh pada kenyamanan di perut dan suasana hati.

  • Mengonsumsi obat pereda rasa nyeri

Jika Anda mengalami kram di perut yang sudah tidak tertahankan, maka solusi terakhir yaitu dengan mengkonsumsi obat untuk meredakan rasa nyeri tersebut seperti paracetamol. Untuk lebih aman Anda bisa membaca aturan pakai untuk dosis konsumsi atau konsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar diberi obat dengan dosis yang sesuai.

Gangguan kesehatan yang satu ini terbilang normal dan tidak membahayakan. Akan tetapi jika kondisinya sudah sangat parah maka harus diatasi dengan segera. Kondisi yang sangat parah bisa ditandai dengan beberapa gejala seperti demam dengan tiba-tiba atau keluar gumpalan darah bersama darah haid. 

Baca Juga :

Jika Anda mengalami hal tersebut, maka bisa mencoba cara mengatasi kram perut saat haid yang telah di ulas di atas. Jika kondisinya tidak ada perbedaan atau tidak membaik, maka segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.