Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word

rape2ch.com – Tidak sedikit orang mencari cara membuat kop surat di Word di internet dengan harapan bisa membuatnya sendiri pada komputer atau laptopnya. Sebagai salah satu bagian penting dalam surat resmi, kop atau kepala surat memang memiliki fungsi tersendiri.

Nah, pada kesempatan ini kami akan sajikan kepada Anda mengenai langkah-langkah membuat kop/kepala surat melalui Microsoft Word secara manual. Mari simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut!

Apa Itu Kop/Kepala Surat?

Kop surat (Letterhead) merupakan bagian dari surat resmi yang berisikan keterangan identitas sebuah organisasi atau instansi supaya penerima suratnya dapat mengetahui dari mana asal suratnya. Secara umum, kop terletak pada bagian teratas sebuah surat.

Unsur-unsur yang Biasanya Termuat dalam Kop/Kepala Surat

  1. Nama organisasi atau instansi
  2. Alamat lengkap 
  3. Nomor telepon maupun faksimile
  4. Alamat situs web dan email
  5. Logo instansi

Cara Membuat Kop Surat dengan Logo di Microsoft Word 2010 Secara Manual

  1. Siapkan segala data identitas atau unsur-unsur kop surat seperti yang telah disebutkan sebelumnya.
  2. Buatlah rancangan atau desain layout kop pada selembar kertas terlebih dahulu.
  3. Bukalah program aplikasi Microsoft Word pada komputer atau laptop Anda.
  4. Mulailah memasukkan “Header” dengan cara mengeklik menu “Insert”, lalu pilih “Header”. Anda akan disajikan beberapa pilihan header, silakan pilih opsi “Blank”.
  5. Setelah itu, ketikkan semua data identitas instansi pada bagian header-nya secara berurutan ke bawah, yaitu dimulai dari nama instansi, alamat, nomor telepon, nomor fax, situs web. dan alamat email.
  6. Sesuaikan warna, jenis, serta ukuran font pada setiap bagiannya. Pastikan nama instansi harus lebih besar dan tebal daripada identitas lainnya.
  7. Selanjutnya, untuk menyisipkan logo silakan klik menu “Picture” dalam tab “Insert”. 
  8. Silakan cari file logonya, lalu klik “Insert” pada kotak dialog penambahan gambar.
  9. Saat logo sudah masuk di halaman word, silakan sesuaikan ukuran dan posisi logo tersebut agar bisa terlihat jelas namun tetap seimbang dengan tulisan dalam kop.
  10. Apabila Anda mau, cobalah untuk menyisipkan tagline ke dalam bagian footer halaman, yaitu dengan cara mengeklik kotak dropdown “Footer” di tab “Insert”, lalu pilih “Blank”.
  11. Selanjutnya, silakan ketikkan tagline instansi Anda sekaligus menyesuaikan ukuran, warna, serta jenis fontnya. Pastikan letak teks berada di tengah, ya.
  12. Setelah selesai membuat kop/kepala, silakan tekan tombol “Esc” untuk menutup format header dan Footer. Cek kembali kop Anda dalam mode layar penuh maupun  print.
  13. Jika sudah yakin akan hasilnya, silakan simpan dokumennya dengan mengeklik opsi “Save As” dalam tab “File”, lalu tentukan folder penyimpanannya dan ketikkan nama dokumennya sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga : Tata Cara Menghubungkan Laptop ke Perangkat Televisi

Nah, demikian itulah penjelasan seputar cara membuat kop surat di Word dengan mudah dan sederhana. Apabila langkah-langkah di atas masih dirasa cukup sulit dan Anda tidak memiliki banyak waktu untuk merancang layout-nya, silakan coba alternatif lain membuat kop secara otomatis dengan bantuan template yang tersedia dalam program aplikasi yang sama. Selamat mencoba!