Begini Cara Menambahkan Musik ke Video Presentasi Melalui Microsoft PowerPoint

Begini Cara Menambahkan Musik ke Video Presentasi Melalui Microsoft PowerPoint

rape2ch.com – Tahukah Anda bahwa ternyata selain dapat digunakan untuk membuat slide presentasi, rupanya Microsoft PowerPoint juga bisa untuk membuat konten presentasi dalam format video, lho. Mungkin di antara kita masih cukup awam mendengarnya namun PowerPoint memang cukup canggih dalam mengerjakan video presentasi.

Untuk memperoleh video yang semakin atraktif, cara yang bisa ditempuh salah satunya adalah dengan menambahkan lagu untuk backsound video presentasi. Akan tetapi, penambahan elemen audio tersebut rupanya justru bisa menjadi pemecah konsentrasi audiens, lho. Tentunya jika tidak audionya diatur dengan baik. Maka dari itu, simak artikel ini untuk memperoleh cara jitunya!

Langkah-langkah Menyisipkan Musik/Lagu ke dalam Presentasi di Ms.PowerPoint

Sebelum mulai menyisipkan elemen audio, hal pertama yang sudah harus disiapkan adalah konten videonya atau slide presentasinya. Pastikan seluruh slide yang akan dijadikan video sudah selesai dibuat, mulai dari konten, desain, sampai transisinya.

Nah, jika slide sudah siap, selanjutnya silakan download lagu backsound video di internet. ada banyak sekali situs yang menyediakan musik atau lagu backsound, mulai dari yang gratis sampai berbayar. 

Sebagai rekomendasi situsnya, Anda dapat mengunjungi antara lain BenSound, Audio Library, Free Background Music, Free Sound, Majestic Casual, serta NoCopyrightSounds. Sebelum mengunduh pastikan juga memilih lagu yang sesuai untuk video presentasinya, ya. Pasalnya lagu/musik di situs-situs tersebut amatlah beragam genre maupun jenisnya.

Setelah kedua hal di atas sudah siap, mari ikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Bukalah berkas slide presentasinya di Program aplikasi Microsoft PowerPoint.
  2. Apabila ingin menambahkan audio mulai dari slide pertama maka silakan buka slide tersebut.
  3. Klik menu “Insert”, lalu pilih “Audio”. Pada menu dropdown-nya silakan pilih opsi “Audio from file” atau “Audio from My PC”.
  4. Silakan pilih berkas lagunya, kemudian klik “Insert” pada kotak dialog yang muncul.
  5. Dikarenakan format presentasinya dibuat menjadi video maka secara otomatis lagu akan diputar dengan sendirinya. Namun, jika formatnya dibuat menjadi slide presentasi biasa, Anda bisa mengatur pemutaran lagunya dengan mengeklik tombol keyboard atau juga bisa secara otomatis. Untuk mengaturnya agar berputar secara otomatis, caranya adalah sebagai berikut.
    • Pilih opsi “Play across slides”” pada tab “Playback” di kelompok “Audio Options”.

 

  • Berikan tanda centang pada kotak sebelah “Hide during show” dan  “Loop until stopped”.

 

  • Aturlah volume audionya sesuai keinginan, apakah itu low, medium, atau high. Sebagai rekomendasi pilihlah opsi “Low” agar tidak memecah konsentrasi audiens.
    1. Setelah itu, bukalah tab menu “Animations”, lalu klik opsi “Animation Pane”. Begitu jendela baru pengaturan muncul di sebelah kanan layar, silakan klik anak panah ke bawah pada nama atau judul lagunya. Disini Anda akan disajikan beberapa pilihan pengaturan, silakan klik opsi “Effect Options”.
    2. Silakan atur opsi tambahannya sesuai kebutuhan videonya pada kotak dialog “Play Audio”.
    3. Setelah selesai, klik “OK”.
    4. Untuk memastikan presentasi videonya berjalan secara otomatis, silakan tayangkan presentasinya dengan mode “Slide show” dengan mengeklik ikon berbentuk layar presentasi di pojok kanan bawah jendela kerja PowerPoint.

 

  • Apabila presentasinya belum sesuai dengan backsound-nya maka silakan atur kembali pemutarannya dengan cara yang sama seperti di atas.

 

Cara mengubah slide presentasi menjadi format video di Microsoft PowerPoint 

Apabila videonya sudah sesuai dengan keinginan Anda maka tahapan selanjutnya adalah mengubah format berkasnya, yaitu dengan langkah-langkah berikut ini.

 

  • Klik menu “File”, pilih “Save & Send”. Pada menu sebelah kanannya, silakan pilih “Create a Video”.

 

  1. Klik opsi “Computer & HD Display”, lalu pilihlah ukuran videonya sesuai kebutuhan.
  2. Ketikkan angka pada kolom sebelah “Second to spend on each slide”. Angka tersebut menentukan lamanya penayangan tiap slide PowerPoint jika diubah menjadi video.
  3. Setelah semuanya selesai, klik “Create Video”, kemudian tentukan lokasi penyimpanan dan ubah nama berkasnya sesuai kebutuhan. Lalu, klik “Save”.
  4. Tunggulah sampai proses export format selesai.

Baca Juga : Cara Mengedit Hasil Scan Supaya Dapat Seperti Berkas Aslinya Melalui Microsoft Word

Nah, itu dia beberapa langkah menambahkan lagu untuk backsound video presentasi menggunakan bantuan program aplikasi PowerPoint secara mudah. Kini saatnya Anda mempraktikkan penjelasan yang telah kami sampaikan agar dapat menghasilkan karya orisinil Anda. Dengan sering praktik pula, Anda juga akan semakin jago mengolah hasil presentasi nan berkualitas. Selamat mencoba!